Lampu Motor Error

Bicara mengenai tentang lampu - lampu dan kelistrikan motor sangatlah rumit dan susah sebenarnya, karna kita juga akan menemui komponen kelistrikan dan dunia perkabelan, tapi bagi orang - orang yang setiap hari kerjanya di dunia kabel body mungkin itu akan terasa sangat mudah baginya.
Saya akan sedikit berbagi pengalaman yang pernah saya alami dan itu sangat membuat saya bingung, di saat saya mendapat pasien sepeda motor HONDA BEAT FI yang error pada bagian lampu depannya atau lampu utamanya.

Sebenernya permasalahannya hanya sepele tapi membuat para rekan mekanik saya juga ikut merasakan kebingungan, pada saat pemilik motor mengeluhkan atas motornya itu karna aki motornya mati, dan apabila motor injeksi jika aki mati pasti motor tidak bisa dihidupkan, yasudah terpaksa dia harus mengganti akinya yang mati dengan aki yang baru, dan setelah di ganti aki baru alhasil motor bisa di hidupkan lagi, tapi ada yang janggal karna lampu pada bagian depan saat kunci di on kan lampu langsung menyala karna motor HONDA BEAT FI tidak ada saklar untuk on/off lampunya.

Walaupun tidak ada saklar on/off untuk lampu depannya seharusnya nyala lampu saat mesin dihidupkan saja dan jika mesin mati lampu juga akan ikut mati walaupun kunci kontak masih pada posisi on.
Karna lampu motor beat ini arus lampunya bersumber dari spull bukan dari aki seperti motor - yang sudah fullwave, itulah penyebabnya mengapa aki tiba - tiba mati dan membuat motor tidak bisa hidup, dan jika di biarkan begitu saja mungkin aki baru yang di pasang tidak akan sampai satu hari sudah mati lagi karna lampu depan motor yang menyala terus dan mengambil setrum dari aki.

Langsung saja kami bongkar saja itu body motor dari bagian depan sampai bagian jok
dan kami mulai mencari permasalahannya satu persatu dari mengecek kiprok dan mengecek kabel - kabel yang lain dari bagian depan bagian kepala hingga kabel yang menuju ke kiprok dan hasilnya pun masih sama saja.

Kemudian saya lepas soket putih dari kelistrikan  yang menuju ke speedo meter dan saya nyalakan kunci kontak kemudian saya tespen kabel yang berwarna kuning, karna kabel kuning merupakan kabel lampu utamanya yang dari kiprok ternyata lampu tespen tidak nyala, kemudian saya pasang lagi soketnya dan saya tespen lagi ternyata lampu tespen menyala, dari masalah tersebut langsung ada kesimpulan bahwa kabel kuning yang untuk lampu utamanya ada yang menempel ke kabel positif (+) dari aki, dan untuk kabel positif dari aki yang menuju ke batok kepala adalah berwarna hitam strip merah tua.



Dan permasalahan mungkin terletak pada kabel bagian kepala, langsung saja saya copotin satu persatu soket yang ada pada batok kepala dari soket stater, sein, klakson, dan soket switch rem kanan dan kiri, kemudian saya nyalakan lagi kunci kontak ke posisi on dan tespen tetap menancap pada soket putih di kabel kuning dan ternyata lampu tespen tidak menyala, saya hidupkan mesin motor baru lampu tespen mau menyala karna ini dalam keadaan normal sesuai prosedur bahwa kabel kuning arus listriknya dari kiprok.

Setelah itu saya matikan mesin motor dan saya on kan kunci kontak lampu tespen tidak menyala, setelah itu saya tancapkan soket yang ada di batok kepala satu persatu dan ada yang aneh ketika saya menancapkan soket switch rem sebelah kiri ternyata lampu tespen menyala, wah wah wah . . . .


dan rekan saya bilang mungkin konslet pada bagian belakang, setelah itu saya langsung copot fiting bersama bohlam stop belakang dan terlihat bahwa bohlam sudah gosong dan saya cermati ternyata filamen kawat yang ada didalam bohlam antara lampu seri dan lampu rem saling menempel, tidak berfikir panjang lagi saya langsung lepas bohlam stop tadi dari fittingnya dan lampu tespen tadi ikut mati disaat saya cabut bohlam stopnya trus saya ganti dengan bohlam stop dengan yang baru, setelah bohlam stop terpasang lampu tespen tadi mati tetepi lampu remnya menyala padahal handel rem tidak di tarik dan saya lepas soket switch rem kiri lampu rem ikut mati, kemudian saya ganti dengan swich rem yang baru dan lampu rem menyala apabila handel rem di tarik berarti itu sudah dalam keadaan normal.

Setelah itu saya hidupkan mesin lampu tespen menyala mengikuti putaran mesin dan ketika mesin di matikan walaupun kunci kontak di on kan tespen tidak menyala karna kabel kuning tadi hanya ada arus listriknya ketika mesin sedang hidup, dan apabila mesin mati kabel kuning tadi tidak ada arus listriknya, nah itu baru yang di namakan normal tidak seperti tadi ketika kunci kontak on kabel kuning sudah ada arus listriknya meskipun mesin belum dihidupkan, dan akhirnya permasalahannya pun terselesaikan.

Dari kesimpulan di atas bahwa :

  • Mesin injeksi tidak bisa dihidupkan karna aki mati atau soak.
  • Aki mati karena lampu depan sumber arusnya dari aki bukan dari spull atau kiprok.
  • Nyala lampu depan sebelum mesin hidup dan bersumber dari arus aki disebabkan karna kabel yang berwarna kuning tersambung oleh arus positif (+) aki akibat menempelnya filamen bohlam stop antara filamen lampu seri dan filamen lampu rem, diikuti dengan rusaknya switch rem yang selalu menyambung walaupun handel rem tidak di tarik.

Sumber https://servismesinmotor.blogspot.com

0 Response to "Lampu Motor Error"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel