Panduan Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor

Selamat datang di blog ini, Kali ini saya akan bahas artikel tentang Panduan Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor. Motor dengan menggunakan mesin 4 tak sudah pastilah ada rantai keteng atau kampratnya, Rantai keteng ini berfungsi sebagai penghubung antara poros engkol (kruck as) pada bak mesin dan noken as pada kop silinder. Rantai keteng ini sering bermasalah biasanya bersuara berisik dan kendur, untuk itu Perlu disetel dengan pengaturan yang benar dan sesuai ketentuan yang berlaku supaya Performa motor tetap terjaga.

Panduan Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor
Posisi top mesin inilah Faktor utama yang wajib diperhatikan saat menyetel rantai keteng ini. Pasalnya Pemasangan rantai keteng yang salah akan mengakibatkan mesin motor susah dinyalakan. Kalaupun mesin bisa hidup, maka suaranya akan terdengar berebet dan tidak normal. Fatalnya lagi, kesalahan tersebut juga dapat menyebabkan klep menjadi bengkok. untuk itu disini saya akan sajikan cara menyetel rantai keteng mulai dari pengecekan, pelepasan, dan pemasangan

Oke langsung saja kita simak Panduan Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor :

I. Pengecekan Posisi Top
  1. Bukalah bagian penutup tanda top yang terletak di bak maghnit terlebih dahulu. Pastikan posisi huruf T pada bak maghnit tersebut sudah sejajar dengan garis/coakan yang ada di bak maghnit.
  2. Bukalah bagian penutup gigi (gear timming) yang terletak di kop silinder. Periksa untuk memastikan letak tanda titik yang terdapat pada gear telah berada di posisi yang sejajar dengan coakan pada kop silinder tersebut.
  3. Bukalah bagian penutup klep. Usahakan posisi top pada kedua rocker arm/temlar berada di level netral serta tidak menekan klep.
  4. Bukalah bagian busi untuk mengecek apakah posisi piston sudah berada di atas TMA (Titik Mati Atas) atau belum. Ingat saat kedudukannya top, maka posisi piston wajib ada di ata TMA.
II. Pelepasan Rantai Keteng
  1. Lepaskan bagian bak maghnit, maghnit, gear starter, dan komponen-komponen lainyang berada di dalam bak maghnit.
  2. Lepaskan pula baut gear timming pada kop silinder, lalu lepaskan bagian penekan rantai keteng (automatic timming). Barulah setelah itu, Anda bisa melepaskan rantai keteng tersebut.
III. Pemasangan Rantai Keteng
  1. Pastikan posisi rantai keteng berada di kedudukan atas, kemudian pasanglah rantai tersebut dan atur posisinya dengan tepat.
  2. Setelah proses pemasangan rantai keteng selesai, Anda bisa mengecek ulang hasil pemasangannya terutama pada bagian setelah klep apakah sudah benar atau belum.
  3. Setelan klep yang masih salah perlu diatur ulang sampai benar khusus pada bagian klep tersebut saja.
Demiaknlah artikel tentang Panduan Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk anda. jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dan terimakasih

Tags : cara menyetel rantai keteng jupiter z, cara menyetel rantai keteng supra fit, cara menyetel rantai keteng vega r, cara menyetel rantai keteng grand, cara menyetel rantai kamprat megapro, cara menyetel rantai kamprat motor, cara setel rantai keteng supra, cara ganti rantai keteng mio
Sumber http://seputar-satria.blogspot.com

1 Response to "Panduan Cara Menyetel Rantai Keteng Kamprat Pada Motor"

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan motor Tutorial tentang Mengganti Rantai Keteng Motor

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel