Cara mudah mengecek cdi motor dengan multitester

Cara mudah mengecek cdi motor dengan multitester
Selamat datang di blog sederhana ini, kali ini saya akan bahas artikel tentang Cara mudah mengecek cdi motor dengan multitester, CDI atau singkatan dari Capasitor Discharge Ignition adalah salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).

CDI pada motor memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya pengapian pada motor (sebagai pengontrol), CDI pada motor juga memiliki limiter (untuk standard CDI) dan masa pakainya memiliki jangkah yang lumayan cukup malam dengan harga mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah , untuk level racing tentunya bisa sampai jutaan rupiah , tapi performance pada motor dijamin bisa meningkat.

Untuk cara mengetahui bagaimana sebuah komponen motor yaitu CDI mengalami kerusakan atau sudah tidak berfungsi maka bisa menggunakan alat yang namanya avometer.
berikut ini Cara mudah mengecek cdi motor dengan multitester :
  1. Yang pertamanya tentunya anda harus mempersiapkan alat avometer yang bisa dibeli di toko elektronik, jika sudah mempunyai maka bisa disetting pada sinus 200 volt ( usahakan jangan kurang dan juga jangan terlalu lebih )
  2. Selanjutnya anda bisa menghubungkan kabel berwarna merah avometer yang dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil.
  3. Kemudian kabel berwarna hitam avometer dihubungkan ke massa /body/barang yang dapat menyalurkan arus listrik
  4. Selanjutnya anda bisa menyalakan motor dengan menggunakan starter ataupun kick starter ,jangan lupa untuk melihat avometer apakah ada arus yang keluar atau tidak
  5. jika tidak ada reaksi maksudnya adalah tidak ada arus maka CDI tersebut sudah mengalami kerusakan , saatnya anda mengganti yang baru. Dengan catatan arus dari bagian komponen spul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelum mengganti anda cek dulu arus tersebut, caranrya sama seperti yang diatas hanya kabel yang berwarna merah pada avometer dihubungkan ke komponen sepul yang menuju ke CDI.
  6. Jika anda tidak memiliki atau mempunyai avometer , maka bisa dengan mencoba kabel CDI yang menuju ke bagian koil dengan melepas kop busi ,lalu anda bisa salurkan ke bagian body besi pada motor , kemudian di kick starter ( engkol) . Jika bagian kabel yang menuju ke busi tersebut masih ada percikan api besar maka masih bisa digunakan ,jika percikan apinya kecil dan mengalami penurunan performa atau bahkan tidak timbul percikan api sama sekali maka mau tidak mau harus ganti CDI.
Demikianlah artikel tentang Cara mudah mengecek cdi motor dengan multitester, Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan ilmu untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih

Tags : Cara Cek CDI Motor yang Rusak dengan Mudah, Cara Cek CDI Sepeda Motor Bagi Awam, Cara Mengecek Kerusakan Pada CDI Motor, Tips Merawat dan Cara Cek CDI, cara membuat cdi motor, cara perbaiki cdi motor mati, fungsi cdi motor, harga cdi motor
Sumber http://seputar-satria.blogspot.com

0 Response to "Cara mudah mengecek cdi motor dengan multitester"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel