Cara Membuat Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok

Cara membuat casan atau charger aki motor menggunakan kiprok, dioda dan trafo 3 atau 5 ampere sangatlah mudah.
Casan aki ini terbilang cukup sederhana dikarenakan kita menggunakan bahan yang mudah dicari di sekitar kita.

Akan tetapi anda harus mengetahui dahulu arti pin kiprok yang ingin anda gunakan untuk membuat charger aki tersebut karena pada setiap kiprok memiliki pin yang berbeda - beda fungsinya, baik itu kiprok motor yamaha, honda, suzuki Atau yang lainnya.

Baca Juga : Arti Pin Kiprok Motor

Kita juga harus berhati - hati untuk membuatnya jika kita salah maka akan merusak komponen tersebut dan tentunya juga kita akan menggunakan listrik PLN yang ada di rumah kita.
Untuk langkah pengerjaanya kita mulai saja dari trafo yang sudah kita siapkan,
Kali ini kita akan menggunakan trafo 3 ampere dan kiprok motor yamaha. 

Saya akan membahas dua buah charger dengan menggunakan trafo yang berbeda yaitu trafo CT dan trafo non CT atau trafo NOL (0), dan dibawah ini saya sudah siapkan wirring charger aki otomatis menggunakan trafo 3 ampere, kiprok, dan dioda, dimana fungsi dioda adalah sebagai penyearah yang merubah arus bolak - balik (AC) menjadi arus searah (DC).

 Rangkaian charger menggunakan trafo CT

 Rangkaian charger menggunakan trafo non CT atau travo NOL (0)

Baca juga : Cara Membuat Rangkaian Instalasi Lampu Sein Motor

Pada gambar di atas adalah skema pemasangan casan atau charger aki yang menggunakan kiprok sepeda motor, kita menggunakan trafo 3 ampere dan menggunakan output dari trafo yang menuju ke kiprok sebesar 18 volt, dan itu masih arus bolak - balik (AC), setelah kita tambahkan dioda maka arus yang tadinya bolak - balik (AC) maka akan berubah menjadi arus searah (DC). dan arus tersebut akan setabil di tegangan searah (DCkurang lebih 13 - 14 volt  pada output kiproknya.

Kiprok ini bersifat charger otomatis karena setelah aki tersebut penuh maka kiprok ini akan berhenti dalam pengisian atau pengecasannya, pada saat pengisian kiprok ini akan menjadi hangat karna pada saat itu kiprok masih bekerja untuk pengisian aki, tetapi setelah Aki penuh  maka kiprok akan menjadi dingin di karenakan kiprok sudah tidak melakukan pengisian terhadap aki, dan yang paling penting beri pendingin pada komponen charger tersebut menggunakan kipas kecil supaya suhu komponen dapat terjaga dan tidak terjadi panas yang berlebih pada saat charger tersebut digunakan selama berjam - jam.

Mungkin itu sedikit penjelasan dari saya tentang pembuatan atau perakitan charger aki otomatis yang menggunakan sebuah kiprok sepeda motor, jika masih ada yang bingung silahkan bertannya.
Sumber https://servismesinmotor.blogspot.com

0 Response to "Cara Membuat Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel