Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin
Selamat datang sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan share Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin. Motor yg sulit nyala di pagi hri pasti saja menyebalkan. Dikala kita sedang buru – buru utk beraktivitas di pagi hri, nyata-nyatanya motor sangat sulit buat dihidupkan. hal ini pasti saja dapat mengganggu kegiatan kita. masalahnya, terkadang kita sendiri kurang memahami kenapa motor kita susah sekali dihidupkan di pagi hari.
Nah disini saya akan kasih tau Penyebabnya dan memberi solusi Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin, untuk yang pertama kita ketahui dulu penyebabnya, simak ulasan berikut ini :
1. Ukuran pilot jet yang tidak sesuai
Motor yg masih memakai system karburator, sangat gampang buat menebak kenapa susah buat dihidupkan di pagi hri. Bila sudah melaksanakan upaya choke, tapi masih sulit buat dinyalakan di pagi hri, bisa saja ukuran pilot jet di karburator yg gak cocok atau kekecilan. Pilot jet adalah komponen di dalam karburator yg tugasnya mengatur system jetting motor terhadap rpm rendah (di bawah 5000). Diwaktu motor anda mengalami kesusahan di rpm bawah seperti itu, solusi yg dapat dilakukan yakni edit pilot jet motor kamu dengan ukuran yg lebih besar.
Pemakaian pilot jet umumnya berbanding dgn keperluan mesin & setelan yang lain. komponen ini butuh diperhatikan, agar nantinya motor anda gak sulit lagi dinyalakan pada pagi hari.
2. Bensin yang tidak naik ke sistem karburator
Masalah berikutnya yg dapat menyebabkan motor menjadi susah dihidupkan di pagi hri merupakan sebab bensin yg tidak naik ke sistem karburasi. hal ini bisa saja terjadi lantaran keran vakum yg tersumbat, ataupun keadaan karburator yg kotor.hal ini kebanyakan bisa diatasi dengan memompa karburator, yg terkenal istilahnya adalah dibekep, maka bensin bakal turun ke dalam karburator, & mesin sanggup menyala dgn gampang.
Tetapi pada umumnya utk mengatasi masalah ini, pabrikan telah memberikan solusi, berupa tuas choke terhadap motor kamu. tuas choke ini mempunyai fungsi yg serupa seperti trick kerja bekep ini, maka bensin sanggup dipaksa turun ke system karburasi.
3. Busi yang sudah lemah
Penyebab lainnya yang sanggup menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri yaitu keadaan busi & segala piranti pengapian yg bisa saja telah lemah. Pengapian yg telah lemah pasti saja bakal lebih susah buat menyalakan suatu mesin, & tak cuma pagi hri, tetapi pun di siang hri. Pengapian yg lemah ini sangat sering dikaitkan pada keadaan busi yg telah melemah, maka api yg dihantarkan oleh busi tersebut jadi gak optimal, yg gak sanggup buat membakar bensin yg siap diproses di dalam ruang bakar.
Berikut ini adalah beberapa part yang berkaitan dengan kondisi pengapian yang sudah lemah :
Penyebab yang lain yg mampu menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri yakni sampah. Sampah disini berarti sisa sisa kerak, alias deposit kerak yg menempel terhadap sektor head, juga sebagai akibat dari pembakaran. Kerak yg menumpuk ini dapat menghambat penyaluran api dari busi di dalam ruang bakar. Sehingga cara mengatasinya, kamu bisa membersihkan kerak tersebut dgn memakai carburetor cleaner, maupun memanfaatkan bahan bakar beroktan 92 ++, yg dikhususkan utk membersihkan kerak & sisa – sisa hasil pembakaran di head.
Nah mungkin itulah beberapa yang menjadi penyebab Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin. Lalu bagaimana cara mengatasi atau solusinya? simak ulasan berikut ini :
Sekian dan terimakasih
Tags : mio susah distarter, motor mio susah hidup ketika mesin dingin, motor mio susah langsam, motor mio susah hidup di pagi hari, penyebab motor mio mati, penyebab motor matic susah hidup, penyebab motor susah hidup kalau dingin, motor mio tidak bisa hidup Sumber http://seputar-satria.blogspot.com
Nah disini saya akan kasih tau Penyebabnya dan memberi solusi Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin, untuk yang pertama kita ketahui dulu penyebabnya, simak ulasan berikut ini :
1. Ukuran pilot jet yang tidak sesuai
Motor yg masih memakai system karburator, sangat gampang buat menebak kenapa susah buat dihidupkan di pagi hri. Bila sudah melaksanakan upaya choke, tapi masih sulit buat dinyalakan di pagi hri, bisa saja ukuran pilot jet di karburator yg gak cocok atau kekecilan. Pilot jet adalah komponen di dalam karburator yg tugasnya mengatur system jetting motor terhadap rpm rendah (di bawah 5000). Diwaktu motor anda mengalami kesusahan di rpm bawah seperti itu, solusi yg dapat dilakukan yakni edit pilot jet motor kamu dengan ukuran yg lebih besar.
Pemakaian pilot jet umumnya berbanding dgn keperluan mesin & setelan yang lain. komponen ini butuh diperhatikan, agar nantinya motor anda gak sulit lagi dinyalakan pada pagi hari.
2. Bensin yang tidak naik ke sistem karburator
Masalah berikutnya yg dapat menyebabkan motor menjadi susah dihidupkan di pagi hri merupakan sebab bensin yg tidak naik ke sistem karburasi. hal ini bisa saja terjadi lantaran keran vakum yg tersumbat, ataupun keadaan karburator yg kotor.hal ini kebanyakan bisa diatasi dengan memompa karburator, yg terkenal istilahnya adalah dibekep, maka bensin bakal turun ke dalam karburator, & mesin sanggup menyala dgn gampang.
Tetapi pada umumnya utk mengatasi masalah ini, pabrikan telah memberikan solusi, berupa tuas choke terhadap motor kamu. tuas choke ini mempunyai fungsi yg serupa seperti trick kerja bekep ini, maka bensin sanggup dipaksa turun ke system karburasi.
3. Busi yang sudah lemah
Penyebab lainnya yang sanggup menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri yaitu keadaan busi & segala piranti pengapian yg bisa saja telah lemah. Pengapian yg telah lemah pasti saja bakal lebih susah buat menyalakan suatu mesin, & tak cuma pagi hri, tetapi pun di siang hri. Pengapian yg lemah ini sangat sering dikaitkan pada keadaan busi yg telah melemah, maka api yg dihantarkan oleh busi tersebut jadi gak optimal, yg gak sanggup buat membakar bensin yg siap diproses di dalam ruang bakar.
Berikut ini adalah beberapa part yang berkaitan dengan kondisi pengapian yang sudah lemah :
- Busi
- Koil
- CDI
- ECU
- Aki
- Magnet
- Spull
- Kiprok
- Sistem perkabelan
Penyebab yang lain yg mampu menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri yakni sampah. Sampah disini berarti sisa sisa kerak, alias deposit kerak yg menempel terhadap sektor head, juga sebagai akibat dari pembakaran. Kerak yg menumpuk ini dapat menghambat penyaluran api dari busi di dalam ruang bakar. Sehingga cara mengatasinya, kamu bisa membersihkan kerak tersebut dgn memakai carburetor cleaner, maupun memanfaatkan bahan bakar beroktan 92 ++, yg dikhususkan utk membersihkan kerak & sisa – sisa hasil pembakaran di head.
Nah mungkin itulah beberapa yang menjadi penyebab Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin. Lalu bagaimana cara mengatasi atau solusinya? simak ulasan berikut ini :
- Pastikan dulu penyebab motor susah hidup dari ke 4 penyabab yang sudah disebutkan diatas.
- Lakukan tindakan perbaikan untuk mengganti part – part yang menyebabkan motor menjadi sulit dan susah hidup di pagi hari
- Dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 untuk keperluan pembesihan dan pencegahan penumpukan karbon
- Gunakan part pengapian sesuai dengan spesifikasi motor anda
- Tekan tuas choke, lalu selah motor anda 10x berturut – turut dengan cepat tanpa memutar gas
- Setelah itu anda putar kunci dalam posisi On, kemudian lakukan langkah yang sama
- Apabila motor masih belum memperlihatkan tanda – tanda akan menyala, putar gas hingga penuh, lalu selah satu kali dengan kencang, biasanya pada motor yang mengalami masalah pada keran vakum bensin dan juga masalah deposit karbon, cara ini bisa berhasil.
- Apabila tidak berhasil, cobalah untuk menyalakan motor dengan cara didorong, pada saat motor sudah meluncur, putar kontak ke posisi ON, lalu masukkan ke gigi satu. Apabila pada saat cara ini digunakan, motor tidak mau hidup, berarti ada masalah dari pengapian, dan kemungkinan masalah pada keran vakum bensin.
Sekian dan terimakasih
Tags : mio susah distarter, motor mio susah hidup ketika mesin dingin, motor mio susah langsam, motor mio susah hidup di pagi hari, penyebab motor mio mati, penyebab motor matic susah hidup, penyebab motor susah hidup kalau dingin, motor mio tidak bisa hidup Sumber http://seputar-satria.blogspot.com
0 Response to "Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Mio Susah Hidup di Pagi Hari Saat dingin"
Post a Comment