Cara Termudah dan Terampuh Memperbaiki CDI motor Rusak atau Sudah Mati Sendiri

Selamat datang sobat, Pada kesempatan kali ini saya akan share Cara Termudah dan Terampuh Memperbaiki CDI motor Rusak atau Sudah Mati Sendiri. Kerusakan pada CDI ini ditandai dengan gejala brebet atau susah hidup atau bisa juga anda sering mengalami mati mendadak saat perjalanan juga bisa berasal dari CDI yang sudah mulai rusak. Sering sekali para pengendara mengalami masalah ini tetapi belum tentu juga masalah tersebut berasal dari CDI. CDI merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor. CDI sepeda motor berfungsi membangkitkan listrik tegangan tinggi​ yang nantinya akan di umpankan ke busi sepeda motor. Jika komponen CDI ini mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan.
Untuk mengetahui kondisi CDI sepeda motor sudah rusak atau belum kita membutuhkan sebuah alat ukur yang namanya voltmeter. Dengan menggunakan voltmeter kita akan mengetahui tegangan kerja yang dimiliki oleh CDI sepeda motor tersebut. Apabila sudah dipastikan CDI tersebut error maka bisa anda perbaiki dengan cara berikut ini :

Inilah Cara Termudah dan Terampuh Memperbaiki CDI motor Rusak atau Sudah Mati Sendiri
  1. Pastikan posisi voltmeter bisa mengukur tegangan kerja sampai dengan diatas 300 volt.
  2. Hubungkan kabel yang berwarna merah pada voltmeter kabel CDI yang menuju ke bagian koil.
  3. Hubungkan kabel yang berwarna hitam pada voltmeter kebagian massa atau ground pada sepeda motor. Lebih mudahnya anda bisa hubungkan kabel berwarna hitam tersebut ke bagian body sepeda motor.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan mencoba untuk menghidupkan sepeda motor tersebut, baik menggunakan elektrik starter maupun kick starter.
  5. Perhatikan jarum yang ditunjukkan pada voltmeter. Jika jarum yang ada di voltmeter bergerak dengan posisi jarum menunjuk kan tegangan diatas 200 volt maka bisa dikatakan bahwa ada tegangan listrik yang bekerja pada CDI tersebut, bisa disimpulkan kondisi CDI masih bagus.
  6. Berbeda ketika jarum yang ada di voltmeter dalam kondisi diam, walaupun sepeda motor dicoba untuk dihidupkan. Pada kondisi ini bisa disimpulkan kemungkinan CDI sepeda motor mengalami kerusakan.
  7. Cara di atas bisa dipastikan kebenarannya dengan catatan kondisi tegangan dan arus listrik dari spul ataupun pulser masih baik. Cara mengetahui 2 komponen tersebut masih baik adalah dengan mengukur tegangan yang keluar dari kedua komponen tersebut. Cara melakukan pengukurannya juga sama, yaitu menghubungkan kabel merah kebagian kabel spul yang menuju CDI dan kabel hitam dihubungkan ke bodi sepeda motor atau ground.
  8. Jika tidak ada alat ukur voltmeter, maka bisa dilakukan pengecekan CDI sepeda motor dengan langkah yang cukup sederhana, yaitu lepas kabel di CDI yang menuju ke koil. Setelah itu tempelkan ke bagian bodi sepeda motor lalu coba nyalakan sepeda motor tersebut. Jika terdapat percikkan api, maka dimungkinkan CDI masih dalam kondisi yang cukup bagus.
Nah itulah Cara Termudah dan Terampuh Memperbaiki CDI motor Rusak atau Sudah Mati Sendiri. semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini
Sekian dan terimakasih

Tags : cara memperbaiki sepeda motor, memperbaiki sepeda motor sendiri. memperbaiki rem cakram sepeda motor, cara memperbaiki sepeda motor injeksi, memperbaiki dinamo starter sepeda motor, cara memperbaiki klakson sepeda motor, cara memperbaiki mesin sepeda motor, cara memperbaiki cdi yang sudah mati
Sumber http://seputar-satria.blogspot.com

0 Response to "Cara Termudah dan Terampuh Memperbaiki CDI motor Rusak atau Sudah Mati Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel