Inilah Penyebab, Ciri-ciri, dan cara memperbaiki shock depan motor bocor
Inilah Penyebab, Ciri-ciri, dan cara memperbaiki shock depan motor bocor |
Shock depan motor merupakan salah satu sistem peredam untuk motor pada bagian depan. Sistem peredam pada sisi ini sangat riskan. Pasalanya jika shock depan berhenti berfungsi seperti biasanya, berakibat pada kenyamanan bahkan keselamatan para penggunanya. Maka sangat disarankan untuk mengetahui sejak dini hal apa saja yang dapat menyebabkan shock depan motor tidak berfungsi serta ciri-ciri apa saja yang timbul jika shock depan motor bocor atau rusak.
Baiklah untuk yang pertama mari kita simak dulu ciri- ciri shock depan motor bocor, simak yang berikut ini :
- Oli shock mengalir dari tabung dan as shock depan
- As shock depan tergores
- Rem depan terasa blong
- Motor terasa susah atau berat ketika berbelok
- Shock depan berbunyi ketika di rem
- Terdapat debu yang masuk melewati dust seal, sehingga ngganjel di oil seal.
- Rambut yang “nylempit: di oil seal dan pipe
- Plastik bekas lakban pada pengiriman motor, nah ini waktu sobat mau mengirim motor sebaiknya setelah turun di cek apakah masih ada bekas lakban di bagian pipe.
- Shock yang pernah dibongkar, ada kemungkinan pemasangan oil seal yang tidak sempurna alias miring.
- Life Time atau umur Oil Seal yang memang sudah waktunya mengganti
- Buka dulu as roda dan copot bannya dari shcok, jangan lupa ganjal dahulu motor agak tidakjatuh kedepan
- Di lanjut membuka spakbor depan dan kaliper rem/pala babi
- Setelah itu akan terlihat baut pemegang shock yang ke segitiga bawah
- Lepaskan kedua bautnya menggunakan kunci shock 14
- Setelah shock dicopot dari segitiga buka baut L yang dibawah shock
- Lalu buka baut penahan atas ada yang menggunakan kunci L atau cuma klip saja, untuk yang menggunakan klip silahkan ditekan tutup penahan per shocknya lalu akan terlihat klip penahannya silahkan dilepas klipnya dengan cara dicongkel menggunakan obeng min yang kecil
- Setelah itu keluarkan pernya dan pisahkan as shock dari tabungnya
- Lepaskan sil penahan debu yang ada ditabung shock caranya tinggal congkel saja
- Setelah itu akan terlihat sealnya dan klip penahannya, silahakan lepas klipnya dengan cara di cungkil menggunakan obeng min
- Untuk melepas sealnya silahkan congkel saja menggunakan obeng min, lakukan secara perlahan dan pindah-pindah posisinya supaya seal bisa keluar sempuran tanpa merusak tabung shock yang diakibatkan terkena obeng min
- Setelah sea lama dicopot silahkan pasang seal yang baru lalu ketok pelan-pelan agar masuknya rata dan seal tidak cacat, gunakan seal yang lama untuk alas seal baru jadi yang kita pukul seal lama agar mendorong seal baru masuk ketabung shock dengan sempurna, pasang klipnya dan seal penahan debunya
- Rakit kembali as shock kedalam tabungnya lalu pasang baut L yang dibawah tabung agar mengikat as dengan tabungnya
- Setelah semua terpasng dengan sempurna tinggal memasukkan oli shocknya, untuk ukurannya masing-masing tabung kurang lebih sekitar 60cc, sebelum baut penutupnya dipasang kocok-kocok terlebih dahulu asnya supaya minyak shock bisa merata dan tidak ada angin palsu yang bisa mengakibatkan shock menjadi tidak sempurna
- Setelah itu tinggal rakit kembali semuanya, caranya ya kebalikkan dari proses melepasnya tadi
Sekian dari saya terima kasih
Tags : cara memperbaiki shock depan motor bocor, shock depan bocor terus, harga seal shock depan, harga seal shock depan vixion, harga seal shock depan mio, cara mengganti seal shock depan vixion, shock belakang bocor, harga seal shock depan jupiter z Sumber http://seputar-satria.blogspot.com
0 Response to "Inilah Penyebab, Ciri-ciri, dan cara memperbaiki shock depan motor bocor"
Post a Comment